Resolusi

Memulai tahun baru dengan resolusi adalah hal umum. Lalu mengakhiri tahun dengan banyak resolusi yang gagal atau bahkan sudah lupa adalah tidak kalah umum. Jadi, lebih baik tahun ini diawali tanpa resolusi saja. Begitukah?

Resolusi adalah soal perencanaan. Karena kalau soal makanan, itu risoles.

Gambar diambil dari sini

Di pekerjaan, saya beruntung dapat boss yang sangat menekankan hal ini. Ungkapan klise seperti: perencanaan yang bagus sudah setengah dari keberhasilan juga pernah beliau ucapkan. Yang berbeda adalah beliau benar-benar mempraktekkannya. Contohnya ketika kami harus dinas ke luar Pulau Jawa. Dari mulai keberangkatan, jadwal bekerja, selesai jam berapa, lalu makan dimana, beli oleh-oleh dimana, ketemu dengan siapa, harus berbicara apa, perkiraan cuaca, kondisi keamanan daerah tujuan, risk assessment dan banyak hal lainnya sudah beliau siapkan rinci sebelum pergi. Saya kadang malu sendiri karena sajadah saja masih sering lupa tidak terbawa.

Yang menarik, meski boss saya ini sangat planning minded, beliau tidak anti terhadap dinamika yang bisa saja terjadi. Maka dibuatlah rencana A, B, C dst.  Bahkan jika rencana cadangan tersebut tidak ada yang bekerja, beliau cepat ambil keputusan dengan beradaptasi pada keadaan yang ada.

Bagi saya, ini semacam cara  untuk hidup di fast changing world  seperti sekarang. Rencana wajib ada (dan benar- benar dijalankan), tapi bersiap juga untuk menyesuaikan dinamika kedepan. Misalnya, boleh saja kita bercita-cita jadi dokter. Namun jika kepintaran tidak cukup, maka berkeluarga dengan seorang dokter adalah rencana cadangan yang tidak buruk.

 

 

Advertisements

One thought on “Resolusi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s