Zaman Keirian

Siapa bilang ini zaman kekinian?

Bukan. Ini zaman keirian.

Hati-hati. Bila tidak, arus kan membawamu, kembali di-sono, menuai pilu, membasuh perih (pakai air garam).

Bertahanlah dari sikap iri yang bisa saja muncul saat seorang kawan mengunggah fotonya keliling eropa selagi belajar S2. Sambil main salju, sumringah betul raut wajahnya.

Bersiaplah untuk tidak iri saat temanmu membagi kebahagiannya jalan-jalan beserta dedek bayi tercinta. Tangan kanan mencomot-comot pipi dek bayi, tangan kiri pegang kamera hape buat selfie. Edit-edit sedikit, lalu taruh di Facebook.

Berpuasalah dari keinginan untuk iri saat undangan nikah datang berurutan dan foto berjejer dengan mempelai a la timnas membanjiri timeline. Menghantam bagai serangan Barcelona: bertubi-tubi.

Jangan iri.

Karena mungkin kita tidak tahu perjuangannya hingga sampai di sana. Harus siang malam belajar demi mendongkrak nilai IELTS. Berburu rekomendasi dosen hingga menunggu berjam-jam, berhari-hari di kantor fakultas. Bertahun-tahun searching tips & trik lolos beasiswa.

Karena mungkin kita tidak melihat lelahnya terbangun dini hari hingga tidak bisa tidur lagi, sebab dedek bayi menangis tiada henti. Panik luar-dalam saat dedek bayi sakit panas. Sabar saat dedek bayi jerat-jerit di pesawat sementara penumpang lain menggerutu karena tidurnya terganggu.

Karena mungkin kita lupa bahwa yang satu itu semua ada saatnya.

Jangan iri.

Karena momen-momen kepayahan, sedih, panik, dan banyak yang tak-instagramable lainnya jarang atau bahkan tidak akan dibagi di media sosial. Kita hanya lihat yang baik-baik, yang bahagia-bahagia saja. Sementara sisanya kita tidak tahu.

Jangan iri.

Tapi, syukuri.

Advertisements

4 thoughts on “Zaman Keirian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s